Featured post

Cara Daftar Linktree Gratis, Buat Tapilan Bio Semakin Menarik

Breaking News

Upaya Pencegahan Kanker



RUMUS.World Cancer Day atau Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari yang dibentuk oleh Union for International Cancer Control (UICC) pada tahun 2008 sebagai bentuk solidaritas terhadap penderita kanker,tujuan utamanya adalah meningkatakan kesadaran terhadap kanker.

Kanker merupakan penyakit kronis yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi didunia,sehingga perlu adanya dorongan untuk mengenali tanda-tanda kanker dan pencegahannya.

Dilansir dari berbagai sumber,data pada tahun 2018 menyebutkan penderita kanker di Indonesia mengalami kenaikan dari 1,4% menjadi 1,8% sehingga menempati urutan ke-8 se Asia Tenggara dan urutan ke-23 se Asia.

Banyak upaya yang dilakukan untuk menurunkan angka penderita dan kematian akibat kanker,karena 30% - 50% kanker dapat dicegah.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai pencegahan kanker sejak dini 

1.Konsumsi makanan sehat 

Makanan merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh,sehingga makanan berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh,namun makanan yang dianjurkan agar tercipta tubuh yang sehat adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan,sayuran,kacang-kacangan serta biji-bijian,batasi dan kurangi konsumsi gula,lemak,alkohol,daging olahan dan makanan siap saji.

2.Rajin Olahraga

Aktifitas fisik yang dilakukan secara rutin minimal 30 menit per hari dapat meningkatkan imun serta menjaga berat badan tetap ideal yang dipercaya dapat menurunkan 10-20% resiko terkena kanker

3.Hindari konsumsi rokok

Rokok menjadi salah satu faktor terbesar penyebab kanker,kandungan bahan kimia yang terdapat didalamnya dapat merusak DNA dan sel paru-paru,tak hanya itu asap rokok juga berpengaruh buruk untuk kesehatan orang yang berada disekitarnya.rokok dapat menyebabkan  kanker paru-paru,mulut tenggorokan,laring,pankreas,kandung kemih,leher rahim serta ginjal.

4.Hindari paparan sinar matahari lansung

Paparan sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari sangat berbahaya bagi kulit dan menjadi penyebab kanker kulit,sebaiknya hindari paparan matahari langsung terutama di tengah hari,gunakan pelindung tubuh atau berteduh.

5.Rutin Melakukan pemeriksaan

Memeriksakan kesehatan secara rutin bertujuan untuk  mendeteksi adanya kanker.sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan dini dan proses penyebuhan.

6.Hindari Pergaulan bebas

Seks bebas dan penggunaan obat-obatan terlarang juga menjadi salah satu pemicu adanya resiko penyebab kanker salah satunya kanker servik,

Itulah beberapa tips dan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menekan tingginya penderita kanker di dunia utamanya di Indonesia,apalagi kanker tidak hanya menyerang wanita tetapi banyak juga kasus kanker yang dialami pria.


0 Komentar

© Copyright 2022 - RUMUS DIGITAL