Featured post

Cara Daftar Linktree Gratis, Buat Tapilan Bio Semakin Menarik

Breaking News

Media Tanam untuk Budidaya Tanaman Bonsai

 



Bonsai adalah salah satu tanaman hias yang menjadi primadona saat ini,selain karena bentuknya yang unik bonsai digemari karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Tanaman yang biasa dijadikan tanaman hias ini memerlukan ketekunan khusus dalam merawatnya,terutama pada saat proses penanaman.

Selain kualitas bibit yang akan ditanam,media tanam menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai budidaya bonsai.

Media tanam untuk bonsai relatif sama dengan media tanam tumbuhan hias yang lain,namun ada beberapa komponen  tambahan yang harus dipersiapkan

Berikut kami uraikan mengenai media tanam yang disarankan untuk budidaya tanaman bonsai.

1.Tanah 

Tanah merupakan media tanam paling dasar untuk tanaman bonsai,tanah yang digunakan biasanya adalah tanah yang subur dan gembur (tanah humus).

Tanah tersebut merupakan tanah yang tercampur dengan dedaunan pohon yang sudah mengalami proses pembusukan jangka panjang,tanah ini umumnya berwarna coklat tua atau hitam dan teksturnya tidak terlalu padat dan biasanya terdapat dibawah pohon dan di kebun-kebun.

Pemilihan tanah seperti ini karena kandungan zat hara dan mikroorganisme yang terdapat didalamnya sangat banyak,yang mampu mendukung dan mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman bonsai tersebut

2.Pasir

Pasir sering digunakan sebagai media tanam pengganti tanah,bahan ini memiliki sifat porous yaitu mudah menyerap air dan udara selain itu juga dapat mencegah genangan air.

Pasir yang digunakan biasanya adalah pasir gunung atau pasir sungai,hindari penggunaan pasir laut

3.Pupuk

Pupuk merupakan media tanam organik yang menjadi sumber nutrisi untuk tanaman bonsai,pupuk  yang digunakan biasanya adalah pupuk kompos dan pupuk kandang.

Pupuk kompos sendiri berasal dari proses fermentasi tanaman atau limbah organik seperti jerami,sekam,daun dan rumput.pupuk ini biasanya dibuat dalam bentuk cair,curah,tablet,pelet dan briket.pupuk ini mampu mengembalikan kesuburan tanah 

Sedangkan pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan,dan yang sering digunakan adalah kotoran kambing yang sudah berwarna coklat tua atau hitam dan tidak berbau.

Selain media tanam yang umum dipakai seperti uraian diatas,ada beberapa media tanam yang juga sering digunakan seperti

-Sabut kelapa (cocopeat)

-Arang

-Cacahan/akar pakis

Itulah uraian mengenai media tanam yang harus dipersiapkan sebelum memulai budidaya tanaman bonsai


0 Komentar

© Copyright 2022 - RUMUS DIGITAL