Featured post

Cara Daftar Linktree Gratis, Buat Tapilan Bio Semakin Menarik

Breaking News

PENDIDIKAN MERUPAKAN KUNCI DARI KEMAJUAN INDONESIA

 

Trutus, Salam sejahtera bagi kita semua, Pada kesempatan hari ini, saya akan menuliskan seluruh pendapat saya mengenai Refomulasi Pendidikan untuk Menyokong Indonesia Emas.
Dimana yang kita ketahui, bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi penerus bangsa ini. 

Pada zaman dulu, banyak masyarakat kita yang tidak memiliki pemikiran bahwa pendidikan itu merupakan hal yang penting bagi anak-anak mereka dan bagi mereka orang-orang yang bersekolah dan berpendidikan hanya diperuntukan bagi orang-orang kaya saja, dan menurut mereka sekolah itu mahal dan hanya membuang-buang waktu saja. 

Pada awal kemerdekaan Indonesia bahkan sebelum kemerdekaan hanya orang-orang kaya saja yang dapat bersekolah dan berpendidikan, bagi masyarakat-masyarakat yang kurang mampu tidak terdapat pemikiran-pemikiran bahwa bersekolah dan berpendidikan itu hal yang penting bagi mereka karena biaya sekolah yang cukup mahal bagi mereka. 

Pemahaman tersebut sangat berbeda dengan zaman sekarang ini dimana pendidikan di Indonesia dapat kita lihat tahun ke tahun mengalami peningkatan, masyarakat mulai berpikir bahwa pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan anak-anak mereka dimasa yang akan datang dan banyak orang tua yang sangat ingin anaknya bersekolah hingga keperguruan tinggi agar nantinya anak mereka bisa sukses dan hidup bercukupan.

Peran pemerintah dalam menangani pendidikan di Indonesia relatif baik, dimana terdapatnya sekolah-sekolah yang tidak memungut biaya kepada para muridnya. 

Sekolah-sekolah negeri ini merupakan kepedulian pemerintah terhadap kemajuan bangsa Indonesia, tetapi ada beberapa sekolah negeri yang tetap melakukan pemungutan biaya terhadap para muridnya seperti biaya spp, bangunan, ulangan, dan lain sebagainya, dan hanya sekolah dasar negeri saja yang tidak dipungut biaya sama sekali. Disini dapat dilihat bahwa pemerintah masih belum melakukan pekerjaan mereka dengan baik, dimana terdapat ketidak pemerataan sistem pendidikan di Indonesia. Untuk membangun bangsa Indonesia ini kita memerlukan sumber daya manusia yang berkulitas. 

Menurut data yang diterbitkan oleh aa.com (2020), Mayoritas penduduk bekerja masih didominasi oleh lulusan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 50,96 juta orang atau 38,89 % dari total penduduk bekerja. 

Walaupun data angka tersebut terus menurun sejak tahun 2018, tetapi tenaga kerja yang berasal dari lulusan sekolah dasar ini merupakan mayoritas atau angka terbesar dibandingan tenaga kerja lulusan sekolah menengah pertama (17.94%), sekolah menengah atasn(18,34%), sekolah menengah kejuruan (11,82%), lulusan diploma I,II, dan III (2,79%), dan lulusan universitas (9,75%) pada Febuari 2020. 

Ini membuktikan bahwa masih banyak masyarakat putus sekolah dan mulai mencari pekerjaan dibandingkan dengan melanjutkan pendidikan mereka di sekolah. 

Kurangnya partisipasi serta pemberdayaan pemerintah yang serius dalam menangani permasalahan pendidikan di Indonesia membuat negara Indonesia tertinggal jauh dengan negara-negara lain dalam memajukan bangsa maupun tingkat sumber dayanya.

Untuk itu pemerintah harus sigap dalam menangani permasalahan pendidikan di Indonesia ini, karena pendidikan merupakan kunci keberhasilan sebuah banga. Dengan majunya sistem pendidikan di Indonesia, maka akan munculnya sumber daya manusia yang berkualitas.

Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan penggerak perkembangan dan kemajuan negeri ini, dimana dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas maka akan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia serta pola pikir masyarakat dan lingkungan pun akan berubah seperti masyarakat akan lebih tertib dan patuh dengan peraturan dan norma yang berlaku dimasyarakat, contohnya berkurangnya pola pikir masyarakat yang membuang sampah sembarangan ataupun menyebrang jalan secara ilegal. 

Dengan berubahanya pola pikir masyarakat dan masyarakat patuh dan tertib dengan peraturan yang berlaku maka dapat memajukan bangsa ini serta dapat menyokong negara Indonesia ini.

" Opini ini ditulis oleh peserta dalam Lomba di Pgsd Unej "

 Publisher :  Muhammad Saini 

0 Komentar

© Copyright 2022 - RUMUS DIGITAL