Featured post

Cara Daftar Linktree Gratis, Buat Tapilan Bio Semakin Menarik

Breaking News

Kesadaran Akan Kebodohan

 



Trutus, Pendidikan Indonesia menduduki posisi ke-67 dari 125 negara menurut UNESCO pada akhir tahun 2019. Urutan ini sangat jauh yang diharapkan, sebab Indonesia terlampau jauh dari posisi negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, ataupun Brunei Darussalam. 

Pendidikan sangat penting untuk kemajuan negara, bagaimana negara bisa memajuan segala aspek didalamnya. Pendidikan Indonesia harus diperbaiki dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kecerdasan rakyat Indonesia yang masih terbelakang. Masyarakat Indonesia tidak mendapatkan pendidikan yang secara merata di seluruh wilayah Indonesia. 

Ketidakmerataan pendidikan sangat berdampak pada kemajuan wilayah tersebut. Bagaimana cara meningkatkan pendidikan di Indonesia? 

Setelah 75 tahun Indonesia merdeka, tetapi masih banyak sekali rakyat yang belum merasakan ‘kemerdekaan’ yang telah dicapai negara Indonesia 75 tahun yang lalu. Proses peningkatan pendidikan di Indonesia harus disertai dengan kemampuan yang besar oleh masyarakat sendiri. Apakah masyarakat mau menjadikan Indonesia lebih baik? Kemampuan yang dimiliki oleh tenaga pengajar harus terus diasah untuk meningkatkan Pendidikan anak￾anak yang masih terus ditingkatkan pengetahuannya. Masih banyak anak Indonesia yang tidak mengetahui sebagaimana pentingnya Pendidikan untuk masa depan. Banyaknya informasi￾infomasi yang menyesatkan dapat membuat pemikiran anak Indonesia semakin kacau, bukannya membawa kebenaran melainkan keburukan. 

Banyaknya perisakan yang terjadi dikalangan remaja disekolah sangat mempengaruhipendidikan di Indonesia. Banyaknya korban perisakan yang mengalami depresi hingga bunuh diri sangat disayangkan. Potensi-potensi dalam diri korban perisakan seharusnya dapat digali dengan baik dan benar, tetapi hilangnya rasa percaya diri dapat mengubah itu semua. Nyatanya banyak sekali disebabkan hanya dengan perkataan atau tindakan fisik pelaku kepada korban secara lamgsung atau media sosial. Tidak adanya pendidikan tentang bagaimana berkomunikasi satu sama lain dapat menimbulkan banyaknya tindakan remaja semena-mena. 

Dengan banyaknya masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia hingga saat ini apakah bisa menjadikan Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang? Keyakinan ini harus diseimbangkan dengan pelaksanaannya. Evaluasi kurikulum yang ada di Indonesia terus di tingkatkan demi tercapainya cita cita rakyat Indonesia pada 100 tahun kemerdekaan Indonesia. 

Banyak cara untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi, setelah mengatasi masalah￾masalah juga harus dilakukan peningkatan. Dengan menyontoh negara-negara maju dan mengimplementasikan kepada rakyat Indonesia tidak dapat dilaksanakan dengan seksama.

Proses pengevaluasian dari pendidikan yang diterapkan oleh negara maju sangat sulit diterapkan oleh negara Indonesia. Banyaknya pemikiran-pemikiran tidak terbuka rakyat yang sudah merasa ‘nyaman’ dengan sistem Pendidikan yang selama ini dijalankan. Haruskah memiliki banyak bukti-bukti konkret untuk dapat mengubah pemikiran rakyat Indonesia sendiri? Harapan-harapan yang dijunjung tinggi dengan sikap yang seharusnya. Pembentukan kurikulum oleh kementriaan Pendidikan dan Budaya dihatapkan dapat mengubah sikap dan pemikiran rakyat Indonesi sendiri. 

Pencapaikan Indonesia Emas dapat mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia dengan menyempuraan pendidikan yang ada. Langkah-langkah kecil harus dihormati dan dilaksanakan dengan sebenar-benarnya. Pendidikan yang tinggi harus menjadi kewajiban seluruh rakyat Indonesia. Penggalian potensi dalam diri harus dikembangkan dengan sebaik mungkin untuk membantu meningkatkan kemampuan diri dan kemajuan negara. Penyesuaian wilayah tertinggal dengan wilayah yang telah meningkat harus diselaraskan. Pemberian Pendidikan formal dengan non-formal harus didukung dengan sebaik mungkin. Perbedaan kepribadian setiap individu rakyat Indonesia sangat beragam, maka dari itu harus disesuaikan dengan diri sendiri. 

Kekuasaan yang dimiliki oleh setiap wakil rakyat tidak seharusnya disalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Kekuasaan dapat menimbulkan kehilangan kesadaran tentang hal￾hal yang dihadapi didepan, pemimpin yang baik seharusnya dapat menyebarkan energi positif untuk rakyat-rakyatnya yang dapat menjadikan Indonesia lebih baik. Banyak rakyat-rakyat yang membutuhkan perhatian untuk meningkatkan kesejahteraan hidup sehari-hari. Kesadaran merupakan kunci dari segala macam masalah yang dihadapi. Jika masyatakat sadar akan kebodohan yang terjadi disekitar maka Indonesia dapat mencapai cita-cita yaitu menjadikan Indonesia Emas.


Penulis     : Astrid Kalina Nitara

Publisher : Muhammad Saini 

0 Komentar

© Copyright 2022 - RUMUS DIGITAL